Pages

Mar 18, 2009

15 Doa St. Bridget Dari Swedia


Doa 1Bapa Kami....
Salam Maria...
O Yesus Kristus, kebahagiaan abadi, suka demi suka dan kesenangan bagi orang yang mencintaimu, Penyelamat dan Pengharapan semua pendosa, yang telah membuktikan, bahwa bagimu ketenangan terbesar adalah berada di tengah-tengah manusia, bahkan menjadi manusia sepenuhnya, karena cintaMu akan mereka.

Mengingat akan kesengsaraan yang telah Dikau derita, mulai dari kelahiranMu terutama selama Masa Sengsara seperti yang telah ditakdirkan dan diramalkan dalam rencana IlahiMu sepanjang segala abad.

Mengingat Tuhan, ketika pada santapan terakhir dengan Rasul-RasulMu, Dikau telah membasuh kaki mereka; Dikau telah memberi Tubuh dan DarahMu yang tak ternilai harganya dan pada saat yang samaan Dikau meramalkan sengsaramu yang akan datang, dan menghibur mereka dengan manis.

Mengingat duka dan kepahitan yang telah Dikau derita di dalam jiwamu dengan mengatakan :"JiwaKu berduka, bahkan sampai mati".

Mengingat semua ketakutan, kepiluan dan derita yang telah Dikau alami sebelum disiksa di salib, ketika telah sembahyang 3 kali, bermandikan peluh darah. Dikau dikhianati Judas muridMu. Dikau ditawan oleh orang-orang yang bangsanya telah Dikau pilih dan angkat; dituduh saksi-saksi palsu dan diadili secara curang oleh 3 hakim dalam kemekaran masa remajaMu dan selama masa Paskah yang khidmat.

Mengingat juga bahwa Dikau telah dilucuti dari pakaianMu, diganti dengan pakaian penghinaan. Muka dan mataMu kabur. Dikau ditempeleng, dimahkotai duri, tongkat ditaruh di tanganMu. Dikau dihancurkan oleh pukulan-pukulan dan ditenggelamkan dalam penghinaan-penghinaan dan kekurang-ajaran.

Demi sengsara dan semua deritamu yang telah Dikau alami sebelum masa sengsaraMu di salib, berilah aku tobat sejati, penyesalan sungguh-sungguh dan sempurna sebelum kematianku dan pengampunan dari semua dosa-dosaku. Amin.


Doa 2Bapa Kami....
Salam Maria...
O Yesus, kemerdekaan sejati para Malaikat, kebahagiaan Surgawi, mengingat akan kengerian dan kedukaan yang Dikau derita, ketika musuh-musuhMu seperti singa lapar mengelilingiMu, dengan seribu satu macam penghinaan, meludahi, memukuli, melukai dan dengan kesadisan-kesadisan yang tak terbayangkan menyiksaMu dengan sengaja.

Demi kesadisan dan penghinaan kata-kata ini, aku mohon kepadaMu penyelamatku, lindungilah aku dari semua musuh-musuhku, baik yang kelihatan maupun yang tak kelihatan dan bawalah aku di bawah perlindunganMu keselamatan abadi. Amin.


Doa 3Bapa Kami....
Salam Maria...
O Yesus, Pencipta surga dan bumi, yang tak dapat dibendung maupun dibatasi, Dikau yang memegang dan melindungi dengan kuasa CintaMu. Mengingat akan kesakitan hebat yang Dikau derita, ketika orang-orang Yahudi memaku tangan kakiMu dengan pukulan yang bertubi-tubi dengan paku yang besar. Menganggap deritaMu kurang besar untuk memuaskan kemarahan mereka, mereka memperbesar luka-lukaMu dengan menambah kesakitan demi kesakitan yang tak terperikan, merentangkan badanMu di salib, menarikMu dari semua pihak dan dengan demikian memutuskan otot-otot anggota badanMu.

Aku mohon padaMu O Yesus, mengingat cinta sengsaraMu di kayu salib ini, berilah aku rahmatMu untuk menakuti dan mencintaiMu. Amin.


Doa 4Bapa Kami....
Salam Maria...
O Yesus, Cermin kemegahan Abadi, mengingat duka yang Dikau alami, ketika merenungkan dengan cahaya IlahiMu, nasib orang-orang yang akan diselamatkan karena sengsaraMu yang suci, pada saat yang sama. Dikau lihat banyak orang-orang berdosa yang akan celaka karena dosa-dosa mereka dan dengan pahit Dikau mengeluh bagi mereka yang tiada harapan dan celaka itu. Demi lembah-kerahiman dan kasihan ini dan terutama demi kebaikan yang Dikau perlihatkan pada maling yang baik itu dengan berkata: "Hari ini juga kau akan bersamaKU di surga".

Aku mohon kepadaMu, O Yesus yang manis, agar Dikau akan mengampuniku di saat kematianku. Amin.


Doa 5Bapa Kami....
Salam Maria...
O Yesus, Tabib Surgawi, diangkat tinggi, disalib untuk menyembuhkan luka-luka kami dengan luka-lukaMu.

Mengingat akan luka-luka yang telah Dikau derita dan kelemahan TubuhMu yang diranggitkan sedemikian rupa, sehingga tak ada derita yang melebihi deritaMu.

Dari puncak kepala sampai kakiMu tak ada bagian yang tak tersiksa. Meskipun demikian, dengan melupakan segala deritamu Dikau tak henti-hentinya sembahyang kepada BapaMu di surga untuk musuh-musuhmu dengan berkata: "Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tak tahu yang mereka lakukan". Demi pengampunan besar dan mengingat sengsaraMu ini, berilah kami agar dengan mengingat sengsaraMu yang terpahit ini, kami dapat dipengaruhi untuk memperoleh tobat sempurna dan pengampunan atas dosa-dosa kami. Amin.


Doa 6Bapa Kami....
Salam Maria...
O Yesus, raja tercinta yang paling dirindukan, mengingat derita yang Dikau derita, ketika telanjang dan diperlakukan sebagai orang bajingan, diikat dan dinaikkan di atas salib; ketika semua kenalan dan teman-temanMu meninggalkanMu, kecuali IbuMu yang tercinta dan tinggal bersamaMu selama sengsaraMu dan telah Dikau percayakan kepada muridMu yang setia, ketika Dikau berkata kepada Maria: "Ibu, lihatlah anakMu dan kepada St. Yohannes: "Anak, lihatlah Ibumu".

Aku mohon padaMu, O Penyelamatku, demi tombak duka yang menusuk hati BundaMu yang kedua, kasihanilah aku dengan segala kesialan dan kekuranganku, baik jasmani maupun rohani dan tolonglah aku dalam segala percobaanku dan terutama di saat kematianku. Amin.


Doa 7Bapa Kami....
Salam Maria...
O Yesus, Pancuran kerahiman yang tak pernah padam, yang dengan cintaMu yang dalam berkata dari atas kayu salib: "AKU haus", telah menderita dahaga untuk menyelamatkan umat manusia.

Aku mohon padaMu, O Penyelamatku, agar menghidupkan di dalam hatiku api kerinduan untuk berbuat sempurna dalam segala tindakanku; dan untuk memadamkan hawa nafsu akan kesenangan jasmani dan kerinduan akan barang-barang duniawi. Amin.


Doa 8Bapa Kami....
Salam Maria...
O Yesus, keramahan hati, kesenangan rohani demi kepahitan cuka dan empedu yang telah Dikau cicipi di salib, karena cintaMu pada kami, berilah kami rahmatMu untuk menerima Tubuh dan DarahMu yang berharga dengan layak selama hidup kami dan di saat kematian kami, semoga mereka merupakan obat dan penghiburan bagi jiwa kami. Amin.


Doa 9Bapa Kami....
Salam Maria...
O Yesus, kebajikan Agung, suka cita rohani, mengingat sengsara yang Dikau derita, ketika ditenggelamkan di dalam samudera kepahitan pada saat kematianMu, dihina, diperkosa oleh orang-orang Yahudi.

Dikau berteriak dengan suara lantang, bahwa Dikau ditinggalkan BapaMu dengan berkata: "TuhanKU, TuhanKU, mengapa Dikau tinggalkan Daku?" Demi sengsaraMu ini, aku mohon padaMu, O Penyelamatku janganlah tinggalkan daku di saat kengerian dan derita kematianku. Amin.


Doa 10Bapa Kami....
Salam Maria...
O Yesus, Awal dan Akhir dari segalanya, dari hidup dan kebajikan, mengingat bahwa karena kami, Dikau dilempar ke jurang sengsara, dari telapak kaki sampai ke puncak kepalaMu. Mengingat luka-luka yang dihayat ini, ajarilah aku memelihara hukum-hukumMu karena cinta sejatiMu, yang jalannya lebar dan mudah bagi yang mencintaiMu. Amin.


Doa 11Bapa Kami....
Salam Maria...
O Yesus, kerahiman yang dalam, aku mohon padaMu, mengingat luka-lukaMu yang menusuk sampai ke tulang sumsum dan ke dalam TubuhMu, agar menarik aku pendosa celaka yang diliputi dosa-dosa ini dari dosa, dan menyembunyikan aku dan kehadiranMu yang pantas murka itu.

Sembunyikanlah aku ke dalam luka-lukaMu sampai kemurkaanMu yang adil itu berlalu. Amin.


Doa 12Bapa Kami....
Salam Maria...
O Yesus, Cermin kebenaran, Lambang persatuan, Matarantai kemurahan, mengingat akan luka-lukaMu yang banyak itu yang menutupiMu dari kepala sampai ke kaki, dirobek dan menjadi merah karena cucuran darahMu yang suci itu.

O Sengsara maha besar dan sejagad, yang Dikau derita dengan BadanMu yang murni itu demi kami.

Yesus terkasih, segalanya Dikau lakukan untuk kami.

Dengan mengingat sengsaraMu secara setia, dengan buah sengsaraMu diperbaharui di hati kami. Semoga tiap hari cintaMu bertambah di hatiku, sampai aku menemuiMu untuk selama-lamanya.

Dikau Bendahara kebaikan sejati dan segala kesenangan kumohon padaMu, untuk memberinya padaku di surga. Amin.


Doa 13Bapa Kami....
Salam Maria...
O Yesus, Singa yang kuat, Raja kekal yang tak terkalahkan, mengingat akan duka yang Dikau derita, ketika kekuatanMu baik rohani maupun jasmani telah habis sama sekali.

Dikau menundukkan kepalamu sambil berkata: "Telah dilaksanakan" Demi derita dan duka ini, aku mohon padaMu O Tuhanku Yesus, ampunilah aku di saat kematianku, ketika hatiku kacau dan jiwaku dalam kesusahan. Amin.


Doa 14Bapa Kami....
Salam Maria...
O Yesus, Putra tunggal Bapa, kemegahan dan rupa IlahiNya, mengingat akan kerendahan hati dan kesederhanaan jiwaMu, yang telah Dikau serahkan kepada BapaMu yang kekal, dengan berkata: "Bapa, di tanganMu AKU serahkan jiwa Daku".

Dengan tubuh terluka dan dengan hati yang patah dan perut kerahimanMu terbuka untuk menyilih kami, Dikau wafat. Dengan kematian yang tak ternilai ini, aku mohon padaMu O Raja dari segala kudus, hiburlah aku dan tolonglah aku menyangkal setan, tubuh dan dunia, sehingga dengan mati terhadap dunia, aku hanya hidup untukMu saja. Aku mohon padaMu di saat kematianku, terimalah aku, musafir dan orang buangan yang telah kembali kepadaMu ini. Amin.


Doa 15Bapa Kami....
Salam Maria...
O Yesus, Ranting subur dan murni, mengingat curahan darah yang telah Dikau tumpahkan dari TubuhMu yang suci itu, seperti sari anggur yang mengalir dari mesin pemerah. Di sisiMu yang ditusuk dengan tombak oleh seorang serdadu, darah dan air mengucur sehingga tak setetespun yang tinggal di TubuhMu. Dan akhirnya sebagai segenggam dupa yang diangkat ke atas salib, zat TubuhMu layu, daging yang halus dihancurkan serta sumsum tulangMu mengering.

Demi sengsara yang pahit ini dan demi tumpahan darah yang tak ternilai ini, aku mohon padaMu, O Yesus terkasih, terimalah jiwaku dalam sekarat maut. Amin.


Doa PenutupO Yesus terkasih, tusuklah hatiku, agar air mata tobat dan cintaMu akan merupakan makananku sehari-hari. Semoga tobatku hanya untukMu, semoga hatiku merupakan tempat tinggalMu nan abadi. Dan akhirnya agar hidupku sedemikian sempurna sehingga aku layak berada di sampingMu di surga dan di sana bersama para Kudus, memujiMu untuk selama-lamanya. Amin.


Posting Terkait



2 comments:

Josh on March 30, 2009 at 3:20 PM said...

Trimaksih sudah memberikan doa ini di website, sy sudah mendengar tentang St. Bridget dr seorang teman, dan karena penasaran sy mau mencari doa2nya. Sekarang sy sudah menemukan doa2 itu, maaf sebelumnya karena sy mengambil doa2 ini untuk pribadi saya agar sy bisa mengucapkan doa2 St Bridget ini dalam jam Adorasi sy.
Sekali lagi Trimakasih banyak.

Hormat saya
Yos - Denpasar, Bali

nice bluez on March 30, 2009 at 4:25 PM said...

Sama-sama, saya selalu berharap doa-doa yang ditampilkan di blog ini bisa digunakan oleh siapapun yang membutuhkan.
Selamat berdoa ya...

Post a Comment

 

Survey Tas