Jejaring Doa - Saat Bimbang Memilih

Sebelum mulai, disarankan untuk membaca kembali catatan pengantar Jejaring Doa ini.


Persembahan Diri Ya Bapa Yang Maha Kuasa, atas kuasaMu terbentang alam semesta yang sekali waktu terasa dahsyat, sekali waktu lembut dan indah. Peristiwa demi peristiwa berjalan sepanjang sejarah. Semua itu sudah dan akan terjadi sampai nanti menurut kehendakMu. Aku bersembah sujud di bawah kuasa penyelenggaraanMu. Aku mempersembahkan diriku, terimalah diriku menjadi salah satu unsur dalam karyaMu. Persatukan diriku yang hina dina ini dalam kurban persembahan puteraMu yang mulia tiada tara dan memuncak di kayu salib itu.

Hati Kudus Tuhan Yesus, kasihanilah kami. Amin.

Permohonan Ya Yesus yang lemah lembut dan rendah hati, berikanlah aku keberanian menentukan pilihan dan mengambil keputusan sesuai kehendak Bapa, sebagaimana Engkau dengan tegas menolak godaan setan, menyatakan dengan tegas tetapi santun lagi arif kepada para farisi, para imam dan Pilatus, apa yang menjadi pendirianMu. Tetapi aku seperti berjalan di atas air kehilangan kepercayaan kepadaMu dan akan tenggelam ...

(renungkan dan kupaslah dalam hati permasalahan anda, dengarkan suara hati, suara Tuhan, apabila dirasa perlu masih harus mencari penasehat lagi, jangan segan, sebab mungkin permasalahan justru terletak dalam kepentingan-kepentingan anda)

Kumohon ya Tuhan, petunjukMu dan penyelesaian masalah ini dengan pengantaraan Kristus Penyelamatku.

Hati Kudus Tuhan Yesus, kasihanilah kami. Amin.

Peneguhan/Niat Bapa Yoseph, engkau tokoh pengambil kebijaksanaan yang arif mendengarkan bisikan Roh Allah. Engkau pernah bimbang menerima Maria Bunda Allah, engkau arif melarikan Yesus dan Maria ke Mesir dari prajurit Herodes, engkau tetap kembali ke Nazareth dan menjadi tukang kayu. Semua itu atas bisikan Roh yang engkau dengar.

Tuhan telah mulai sejak lama memakai diriku dalam karyaNya, aku sebagai bapak/ibu/anak dalam keluarga yang diatur oleh Tuhan. Aku telah diletakkan Tuhan sebagaimana sekarang, maka tolonglah Bapa Yoseph aku yang sedang dalam kebimbangan. Bantulah aku mendengar bisikan Roh dan aku mohon agar Tuhan melanjutkan karyaNya atas diriku yang tiada berguna ini. Dalam diriku telah banyak yang terjadi, yang menjadi rencana dan kehendak Allah, semoga Tuhan melanjutkan apa yang telah dimulai. Amin.

Bapa Kami ... (1x)

Salam Maria ... (3x)

Hati Kudus Tuhan Yesus, kasihanilah kami.

Sumber: Buku Saku Doa-Doa Untuk Ziarah di Ganjuran. Disertai beberapa editing untuk kenyamanan membaca.

Rekomendasi Sumber: Buku Doa Katolik

Popular Posts