Tumbuh Dalam Kebajikan Melalui Kerja

NOVENA KERJA HARI 7

Santo Josemaria Escrivá berkata:
Segala usaha-usaha kita manusia yang malang ini –bahkan dalam mengejar kesucian hidup- adalah merupakan jalinan dari hal-hal yang kecil, yang sesuai dengan kemurnian niat seseorang dapat membentuk sebuah permadani kepahlawanan atau permadani yang terbuat dari hal-hal yang memalukan; tersusun atas kebajikan-kebajikan atau atas dosa-dosa. 1)

Seluruh kebajikan yang disebutkan ini turut memainkan peranan pada saat kita memulai pekerjaan kita dengan niat untuk menguduskan pekerjaan tersebut:
  • Keteguhan: ketekunan dalam bekerja meskipun menghadapi kesulitan-kesulitan yang biasanya muncul serta memastikan agar kita tidak pernah membiarkan diri kita dikuasai oleh kecemasan.
  • Kebersahajaan: agar kita sungguh-sungguh berusaha untuk mengatasi kecenderungan kita akan kemalasan dan keegoisan.
  • Keadilan: untuk memenuhi kewajiban kita kepada Allah, masyarakat, keluarga kita dan rekan-rekan kerja kita.
  • Kebijaksanaan: untuk memahami bagaimana menyelesaikan setiap masalah dan menyikapinya tanpa kebimbangan
Dan semuanya itu, saya tekankan, adalah demi Kasih. 2)

Semua profesi kerja memerlukan training sebelumnya dan upaya terus-menerus untuk mengembangkan kemampuan seseorang dan menyesuaikannya dengan keadaan-keadaan baru yang mungkin muncul. 3)

Intensi AUntuk mendapatkan pekerjaan
Melalui pertolongan Bunda Maria, semoga aku mendapatkan pekerjaan yang kucari. Dan bila kubaktikan diriku sepenuhnya pada pekerjaan baru ini, semoga Allah menolongku membangun kebajikan-kebajikan Kristiani dan menjadi dewasa secara rohani melalui pekerjaan yang aku lakukan. Semoga aku terus memiliki kesabaran dan pengertian, baik terhadap atasan-atasanku dan juga terhadap rekan-rekan kerja dan anak-anak buahku. Semoga aku tetap sederhana dan rendah hati, jauh dari kesombongan dan suka menonjolkan diri. Singkatnya, semoga aku melakukan segalanya dengan hati yang bersih.


Intensi BUntuk bekerja dengan baik
Semoga Allah menolongku membangun kebajikan-kebajikan Kristiani dan menjadi dewasa secara rohani melalui pekerjaan yang aku lakukan. Semoga aku terus memiliki kesabaran dan pengertian, baik terhadap atasan-atasanku dan juga terhadap rekan-rekan kerja dan anak-anak buahku. Semoga aku tetap sederhana dan rendah hati, jauh dari kesombongan dan suka menonjolkan diri. Singkatnya, semoga aku melakukan segalanya dengan hati yang bersih.


Dilanjutkan dengan Doa kepada St. Josemaria Escriva.

Referensi : Novena Kerja

Hari ke-6 <<<<<<<<< NOVENA KERJA >>>>>>>>> Hari ke-8

Popular Posts