Jejaring Doa - Saat Mengalami Masalah Sosial

Masalah sosial misalnya diperlakukan tidak adil, berselisih paham berkepanjangan.
Sebelum mulai, disarankan untuk membaca kembali catatan pengantar Jejaring Doa ini.


Persembahan Diri Ya Bapa Yang Maha Rahim, melalui Putera TunggalMu yang terkasih, Kau berikan kepada kami Hukum Utama Cinta Kasih. Dengan tegas Kau perintahkan kami untuk mencintai sesama kami seperti diri kami sendiri. Melalui GerejaMu Kau berikan pokok-pokok ajaran sosial Gereja, untuk kedamaian dan keadilan, tetapi kami tetap saja mengabaikan sesama, apalagi mereka yang lemah, miskin, cacat. Bahkan tidak jarang kami bertindak tidak adil, mengucilkan mereka yang tidak sepaham dengan kami. Kami cenderung memihak kepada para penguasa, kaya dan mahir berekayasa. Padahal kami melalui PuteraMu dan GerejaMu Kau panggil untuk memihak kepada si kecil, lemah, miskin dan tersisihkan. Itulah diriku ya Tuhan, di tengah masyarakat kami. Kuserahkan diriku menjadi tangan PuteraMu pada zaman ini. Aku siapkan diriku Tuhan sesuai kehendakMu. Amin

Permohonan Ya Yesus, lihatlah diriku. Tiada pantaslah aku menjadi muridMu. Tetapi dikau Gembala yang baik, orang Samaria yang budiman, Imam Agung yang mempersembahkan diri sepenuhnya di atas kayu salib, hatiMu tertusuk tombak dan mengalirkan air, luka-lukaMU mengalirkan darah segar untuk keselamatanku dan semua manusia tiada beda-beda. Karena kebodohan dan kelemahanku aku buta terhadap situasiku. Tolonglah aku yang selalu bermasalah ... (renungkanlah permasalahan anda, kupaslah sekedarnya dan serahkan pada bimbingan Tuhan ...

Kumohon ya Tuhan, petunjukMu dan penyelesaian masalah ini. Aku berdoa pula bagi saudara-saudara yang mengalami masalah yang sama seperti aku, dengan pengantaraan Kristus Penyelamatku.

Hati Kudus Tuhan Yesus, kasihanilah kami. Amin.

Peneguhan/Niat Ya Yesus Sang Guru yang arif, Kau selalu menyelesaikan permasalahan yang diajukan oleh setan penggoda, para ahli kitab, para saduki, para murid dan bahkan pertanyaan Pilatus, situasi yang kritis, menghadapi penyakit, kematian, tantangan situasi, yang menuntut sikap dan jawaban. Ya Yesus, Kau menjawab dengan kebisuan, pelajaran, peringatan, tindakan penyelamatan, penyembuhan. Aku menyadari banyak masalah yang harus diselesaikan dari diriku sendiri, dengan keberanian, dengan kesabaran, dan dengan tindakan nyata, sisanya aku serahkan kepadaMu ya Yesus, Guru dan Gembalaku.

Bunda Maria tolonglah aku untuk dapat selalu berkata "Aku hamba Tuhan, terjadilah menurut kehendakMu", agar mampu diam mendengar dan mencatat dalam hati berbagai peristiwa sekitar. Aku berniat pula menyelesaikan semua sumber permasalahan yang ada dalam diriku ini dan sejauh menjadi tugas dan kewenanganku dengan pertolongan Bunda, aku akan berusaha melihat dengan sabar masalah di sekitarku. Amin.

Bapa Kami ... (1x)

Salam Maria ... (3x)

Hati Kudus Tuhan Yesus, kasihanilah kami.

Sumber: Buku Saku Doa-Doa Untuk Ziarah di Ganjuran. Disertai beberapa editing untuk kenyamanan membaca.

Rekomendasi Sumber: Buku Doa Katolik

Popular Posts